Pada hari Kamis, 5 Nopember 2020 Pengadilan Agama Pematangsiantar mendapat kunjungan Tim Assessment Eksternal  dari Pengadilan Tinggi Agama Medan yang dipimpin oleh Bapak Panitera Pengadilan Tinggi Agama Medan H. Abdul Wahid, S.H., M.Hum.  selaku Lead Assessor dan Jasman, S.H., Azhari, S.H., M.H., serta Drs. Ali Mukti Daulay selaku Pendamping Assessor.

Kehadiran Tim Assessor Eksternal  yang bertujuan untuk melaksanakan Assessment Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Tahun 2020 sebagaimana perintah Dirjen Badan Peradilan Agama yang tertuang dalam surat Nomor : 3127/DJA/HM.00/9/2020 sebagai evaluasi terhadap implementasi pelaksanaan APM Pengadilan Agama Pematangsiantar yang telah memperoleh nilai A Excellent untuk Akreditasi Penjaminan Mutu pada tahap Pertama Tahun 2018 dan Tahap Kedua Tahun 2019. Kegiatan penilaian oleh Tim Assessment Eksternal dilakukan dengan begitu teliti dan seksama meliputi telusur dokumen, observasi implementasi APM mulai dari Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Keterbukaan Informasi, Dekorum Ruang Sidang, A5 RIN (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin, Indah dan Nyaman), Pemeriksaan Berkas Perkara Dengan Data SIPP, Implementasi 9 Aplikasi Inovasi Badilag serta wawancara terhadap bagian-bagian terkait.  

Kegiatan evaluasi implementasi APM di Pengadilan Agama Pematangsiantar diakhiri dengan pemaparan presentasi yang disampaikan oleh Bapak Ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar Muhammad Irfan, S.H.I. dan dilanjutkan dengan evaluasi serta tanya jawab Lead Assessor dengan Audience Pengadilan Agama Pematangsiantar serta penyerahan Kontrak Kinerja Hasil Evaluasi Implementasi APM Tahun 2020 dari Lead Assessor kepada Ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar.Semoga Pengadilan Agama Pematangsiantar terus maju, berjaya dan berprestasi serta tetap solid dan kompakdan harapan predikat A Excellent APM dapat dipertahankan.

Tim IT Pengadilan Agama Pematangsiantar

Kedai TI yang merupakan singkatan dari Kongkow Enak dan Santai seputar Teknologi Informasi Peradilan hadir setiap minggu dengan menyajikan beragam informasi di pengadilan. Minggu ini, Rabu 30 September 2020, mulai pukul 19.30 WIB, hadir webinar Kedai TI seri 9 berjudul Opname Keuangan Perkara dengan Aplikasi E-Keuangan dengan narasumber Satgas TI Badilag dan PTA Semarang. Ketua, Muhammad, Irfan, S.H.I., Panitera, Wahyu Kurniati Lubis, S.Ag., jajaran Kepaniteraan dan TIM IT Pengadilan Agama Pematangsiantar tidak mau ketinggalan ikut hadir dalam kegiatan ini dengan tujuan untuk optimalisasi penggunaan/pemanfaatan aplikasi E-Keuangan.

Pada kegiatan kali ini dibahas mengenai tujuan utama penggunaan E-Keuangan ini yaitu untuk mempermudah dalam pembuatan laporan keuangan perkara. Aplikasi E-Keuangan ini juga sebagai sarana bagi pimpinan dalam melakukan monitoring kerja petugas pembayaran biaya. Rencananya aplikasi E-Keuangan ini akan dibuatkan manual book nya untuk kemudahan dalam penggunaan.

Webinar Kedai TI minggu ini terasa berbeda dan istimewa khususnya bagi Pengadilan Agama Pematangsiantar karena ada special performance live music by PA Pematangsiantar Accoustic yang diisi oleh Muhammad Tri Ramadhan Koto, Satgas TI PA Pematangsiantar sebagai acara hiburan di sela-sela kegiatan ini.

Setelah pemaparan, para peserta webinar dipersilahkan untuk mengajukan pertanyaan. Banyak peserta yang mengajukan pertanyaan hingga tak terasa waktu berlalu dan kegiatan webinar selesai pada pukul 22.00 WIB.

Tim IT-PA.Pst

Senin, 28 September 2020 pukul 14.00 WIB bertempat di ruang sidang Pengadilan Agama Pematangsiantar dilaksanakan rapat koordinasi yang dipimpin langsung oleh Ketua APM (Asri Handayani, S.H.I., M.E.) didampingi Ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar (Muhammad Irfan, S.H.I.) dan Assesor Internal serta diikuti seluruh jajaran aparatur Pengadilan Agama Pematangsiantar. Rapat kali ini diadakan guna membahas penyelesaian dokumen revisi APM Pengadilan Agama Pematangsiantar tahun 2020 serta persiapan menyambut assesor eksternal yang akan datang untuk melaksanakan penilaian surveillance ketiga tahun 2020.

Pada rapat kali ini Assesor Internal memaparkan bahwa seluruh LKE berserta eviden pendukung dan dokumen APM sudah hampir selesai seluruhnya hanya ada beberapa hal yang masih perlu dilakukan penyempurnaan.

Ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar di akhir rapat menyampaikan kepada seluruh aparatur Pengadilan Agama Pematangsiantar untuk terus semangat bekerja menyelesaikan seluruh dokumen dan senantiasa membangun dan menjaga kekompakan demi mewujudkan komitmen bersama memperoleh kembali sertifikat akreditasi dengan mempertahankan nilai “A” Excellent.

Tim IT-PA.Pst

Rabu, 23 September 2020, Pengadilan Agama Pematangsiantar kedatangan tamu dari pengurus daerah Al Washliyah Kota Pematangsiantar pada pukul 10.30 WIB. Kedatangan mereka disambut oleh Ketua (Muhammad Irfan, S.H.I.) dan Sekretaris (febrianda, S.Kom.) Pengadilan Agama Pematangsiantar.

 

Tujuan kedatangan mereka adalah untuk bersilaturahmi sekaligus melakukan audiensi sebagaimana surat yang telah mereka sampaikan sebelumnya pada tanggal 14 September 2020. Semoga dengan kegiatan silaturahmi dan audiensi ini semakin mempererat hubungan antara Pengadilan Agama Pematangsiantar dengan Pengurus Al Washliyah.

Tim IT-PA.Pst

Menindaklanjuti undangan dari panitia pembangunan gedung dakwah dan pendidikan Syekh Muhammad Arsyad Thalib Lubis, Ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar, Muhammad Irfan, S.H.I., menndatangi gedung PD Al-Washliyah, Jl. Brigjen Radjamin Purba No. 111, Pematangsiantar. Undangan tersebut dalam rangka kegiatan ceremonial peletakan batu pertama pembangunan gedung dakwah dan pendidikan tersebut.

Selain Pengadilan Agama Pematangsiantar diundang juga dalam acara ini Walikota Pematangsiantar dan para tokoh agama. Ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar ikut serta dalam meletakkan batu pertama pembangunan gedung ini, hal ini merupakan suatu penghargaan bagi Pengadilan Agama Pematangsiantar karena dilibatkan dalam kegiatan ceremonial ini.

Tim IT-PA.Pst

  • banner-ucapan-ketua.jpg
  • banner-ucapan-waka.jpg
  • free-vector-abstract-green-background.jpg
  • sungkawa.jpg