Saat ini, dunia sedang dilanda bencana berupa munculnya covid-19 (virus corona) yang sudah menyebar ke sebagian besar negara di dunia termasuk Indonesia. Virus ini bahkan sudah menyebar ke Kota Pematangsiantar. Untuk mencegah semakin meluasnya penyebaran virus ini maka Pengadilan Agama Pematangsiantar berupaya untuk meminimalisir risiko dengan melakukan penyemprotan seluruh ruangan kantor. Kegiatan penyemprotan dilakukan langsung oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pematangsiantar.

Penyemprotan dilakukan pada hari Jum’at tanggal 27 Maret 2020 pukul 09.00 WIB mulai dari teras, lobby depan, seluruh ruangan, samping dan belakang gedung, halaman dan tak luput pula pagar kantor.

Pada kesempatan ini Ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar mengucapkan terima kasih kepada BPBD Pematangsiantar yang telah melakukan penyemprotan guna mensterilkan gedung. Beliau menghimbau juga kepada seluruh aparatur Pengadilan Agama Pematangsiantar agar lebih waspada dan selalu menjaga kebersihan.

Selesai penyemprotan gedung kantor Pengadilan Agama Pematangsiantar, BPBD Kota Pematangsiantar melanjutkan kegiatan menyemprot rumah dinas Ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar dan rumah Wakil Ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar.

Kamis, 19 Maret 2020, di ruang sidang Pengadilan Agama Pematangsiantar dilaksanakan kegiatan sosialisasi oleh Bank BNI Syariah Cabang Pematangsiantar. Kegiatan dilaksanakan pukul 09.00 WIB dengan dihadiri oleh Ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar, Dian Ingrasanti Lubis, S.Ag., S.H., M.H., Panitera, Herman, S.H., Sekretaris, Febrianda, S.Kom. dan seluruh pegawai Pengadilan Agama Pematangsiantar serta tim dari perwakilan Bank BNI Syariah Cabang Pematangsiantar.

Acara dibuka oleh Sekretaris Pengadilan Agama Pematangsiantar kemudian dilanjutkan dengan pemaparan langsung oleh tim dari Bank BNI Syariah Pematangsiantar. Mereka menjelaskan mengenai produk-produk yang ada di Bank BNI Syariah serta keunggulan Bank BNI Syariah dibanding Bank-bank yang lain. Diantara produk yang ditawarkan berupa tabungan, pinjaman (kredit), deposito, dan lain-lain. Setelah pemaparan selesai acara dilanjutkan dengan tanya jawab. Usai sesi tanya jawab, maka acara sosialisasi ini pun berakhir.

 

 

Bank BNI Syariah sebagai salah satu bank berbasis syariah menawarkan produk perbankan yang bebas dari riba sehingga sesuai dengan keinginan masyarakat muslim khususnya.

Tim IT PA Pematangsiantar.

Jum’at, tanggal 20 Maret 2020 bertempat di ruang sidang Pengadilan Agama Pematangsiantar pukul 09.00 WIB dilaksanakan rapat koordinasi. Rapat dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar (Dian Ingrasanti Lubis, S.Ag., S.H., M.H.) dan diikuti seluruh jajaran aparatur Pengadilan Agama Pematangsiantar.

Pembahasan pertama pada rapat kali ini adalah sosialisasi Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2020 tentang “Penyesuaian Sistem Kerja Hakim dan Aparatur Peradilan dalam Upaya Pencegahan dan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Dibawahnya”.

Selanjutnya membahas tentang evaluasi kembali pelaksanaan zona integritas terutama untuk pengiriman dokumen pengusulan yang harus dikirim paling lama tanggal 27 Maret 2020.

Kemudian agenda rapat dilanjutkan dengan pemilihan agen perubahan tahun 2020 untuk 3 kategori bidang yaitu bidang integritas, bidang akhlak dan etika, dan bidang profesionalisme. Dan terpilih 3 orang pegawai terbaik untuk menjadi agen Perubahan Pengadilan Agama Pematangsiantar. Agen perubahan tersebut yaitu Dadan Dzulqornaen Riyadi, S.H.I. terpilih sebagai agen perubahan bidang integritas, Dra. Husnah terpilih menjadi agen perubahan bidang akhlak dan etika, dan Renny Wulandary, S.E. terpilih sebagai agen perubahan bidang profesionalisme.

Setelah melaksanakan pemilihan agen perubahan kemudian rapat dilanjutkan dengan pemberian penghargaan bagi pemberi pelayanan terbaik bagi para pencari keadilan. Aparatur Pengadilan Agama Pematangsiantar yang telah bekerja maksimal memberikan pelayanan terbaik kepada para pencari keadilan. Penghargaan diberikan kepada Bayu Tantra Damanik, S.Kom. beliau sebagai petugas pendaftaran PTSP Pengadilan Agama Pematangsiantar.

Hadiah diserahkan langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan dari kantor. Semoga hadiah dapat memberi motivasi kepada petugas pelayanan yang lain untuk terus bekerja lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada para pencari keadilan.

Tim IT-PA.Pst

Promosi dan mutasi di wilayah Mahkamah Agung RI merupakan suatu hal yang biasa terjadi. Kali ini giliran panitera Pengadilan Agama Pematangsiantar yang mendapat promosi untuk menduduki jabatan di Pengadilan Agama lain. Herman.S.H., panitera Pengadilan Agama Pematangsiantar yang sudah mengabdi lebih kurang selama 1 tahun 10 bulan mendapat promosi dan mutasi menjadi panitera Pengadilan Agama Kisaran Kelas IB.Bertempat di ruang sidang kantor Pengadilan Agama Pematangsiantar, hari Selasa tanggal 17 Maret 2020 dilaksanakan acara pengantar tugas bagi panitera tersebut. Pada pukul 15.00 WIB acara dimulai dengan dihadiri oleh seluruh aparatur Pengadilan Agama Pematangsiantar.

Dalam acara ini Bapak Sabaruddin Lubis, S.H. selaku hakim Pengadilan Agama Pematangsiantar menyampaikan kata-kata pengantar tugas mewakili pegawai bagi panitera tersebut. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kontribusi yang telah diberikan selama mengabdi di Pengadilan Agama Pematangsiantar. Segala hal yang positif agar dibawa dan diterapkan di tempat yang baru, sedangkan hal-hal yang negatif dibuang dan ditinggalkan. Semoga panitera tambah sukses di tempat yang baru. Acara ditutup dengan doa kemudian bersalam-salaman serta pemberian kenang-kenangan kepada yang pindah tugas. Dilanjutkan dengan acara foto bersama.

TIM IT_PA.PST

Selasa, 17 Maret 2020, Pengadilan Agama Pematangsiantar melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Panitera baru. Pelantikan dilaksanakan pada pukul 11.00 WIB bertempat di ruang sidang Pengadilan Agama Pematangsiantar. Adapun Panitera yang dilantik adalah Wahyu Kurniati Lubis, S.Ag., menggantikan Herman, S.H. yang mutasi ke Pengadilan Agama Kisaran. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama Pematangsiantar.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilaksanakan langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar, Dian Ingrasanti Lubis, S.Ag., S.H., M.H.. Acara pelantikan ini dihadiri juga oleh Ketua Pengadilan Negeri Pematangsiantar, Ketua Pengadilan Negeri Simalungun, Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Agama Simalungun, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Negeri Pematangsiantar, Pengadilan Negeri Simalungun, dan Pengadilan Agama Simalungun.

Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar menyampaikan selamat kepada Panitera yang baru dilantik, beliau mengharapkan agar Panitera yang baru dapat bekerja sama dan sama-sama bekerja dengan seluruh jajaran aparatur Pengadilan Agama Pematangsiantar agar seluruh tugas-tugas dapat terlaksana dengan baik dan selesai tepat waktu termasuk program prioritas Badilag yang harus cepat ditindaklanjuti dan dilaksanakan. Beliau juga mengharapkan agar Panitera yang baru dapat memberikan kontribusi positif demi kemajuan Pengadilan Agama Pematangsiantar.

            Usai acara pelantikan, acara dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat kepada pejabat yang baru dilantik kemudian ditutup dengan foto bersama.

Tim IT-PA.Pst

  • 003sel-bt.jpg
  • Background-copy.jpg
  • Ucapan-Selamat.jpg