20240614_080939.jpg

Aktivitas bekerja selama sepekan biasanya membawa keletihan secara lahir dan batin bagi para pegawai. Oleh karena itu, Pengadilan Agama Pematangsiantar membuat agenda mingguan  yaitu Jumat Sehat dengan senam bersama yang dilakukan setiap hari jumat dua minggu sekali. 

Senam yang dilaksanakan di Halaman Kiri Kantor PA Pematangsiantar dan dimulai pada pukul 08.00 WIB. Senam di pagi hari bermanfaat menjaga metabolisme tubuh serta menjaga kesegaran jasmani maupun rohani. Selain itu senam dapat meningkatkan kebugaran tubuh karena gerakannya yang aktif melibatkan seluruh anggota badan serta dapat membantu pembakaran kalori.

 20240614_080917.jpg

Dengan dilaksanakannya kegiatan rutin seperti ini, diharapkan dapat menjaga kondisi tubuh seluruh aparatur PA Pematangsiantar agar tetap fit dan bugar. Sehingga dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab dalam bekerja secara optimal.

 

Tim IT PA Pematangsiantar

pertamaa.png

Operator SAKTI Pengadilan Agama Pematangsiantar Muhammad Azrai Azmi mengikuti Asistensi Rekonsiliasi dan Data Monsakti dalam Rangka Penyusunan Laporan Keuangan Satker dan Asistensi Aplikasi SAKTI pada Kamis, 13 Juni 2024. Asistensi ini dimulai pada pukul 09.30 WIB melalui Microsoft Teams Meeting.

Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan surat KPPN Pematangsiantar Nomor S-343/KPN.0204/2024  yang sehubungan dengan penerapan SAKTI full modul dan MONSAKTI dalam rangka peningkatan kualitas data Laporan Keuangan serta pelaksanaan sosialisasi perencanaan kas dan pelaksanaan anggaran.

20240613_100524.jpg

Narasumber pada kegiatan ini ialah Nova Juliana Sianturi dan Muhammad Fadly . Adapun agenda dari kegiatan ini adalah : 

  1. Sosialisasi Pesan/Nilai-Nilai Antikorupsi "Peran Masyarakat Dalam Peningkatan Budaya Integritas di Lingkungan Kementerian Keuangan"
  2. Asistensi Rekonsiliasi dan Data Monsakti
  3. Asistensi Aplikasi SAKTI

 

Tim IT PA Pematangsiantar

 

20240612_103211.jpg

Pengadilan Agama Pematangsiantar menggelar acara penyerahan Surat Keputusan Penunjukan Mediator Non Hakim pada Pengadilan Agama Pematangsiantar  Tahun 2024. Mediator Non Hakim merupakan pihak lain yang bukan hakim dan telah memiliki sertifikat mediator serta telah tercatat dalam daftar mediator  sesuai Pasal I angka (2) dan Pasal 19 ayat (I) Perma Nomor 1 Tahun 2016. 

Adapun tujuan dari penetapan Mediator Non Hakim pada Pengadilan Agama Pematangsiantar adalah sebagai bagian dari pelaksanaan Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 tahun 2016 Tentang Prosedur Mediasi  di Pengadilan dan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2022 tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan Secara Elektronik. Hal tersebut dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik dan inovatif bagi para pencari keadilan yang secara langsung akan mempercepat penyelesaian perkara serta akan menciptakan perdamaian antar para pihak berperkara.

20240612_100954.jpg

Penyerahan SK diberikan secara langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar Sri Haratati, S.H.I., M.H. yang didampingi oleh Panitera kepada 3 (tiga) orang mediator yang telah ditunjuk yaitu atas nama  H. Muslimin Akbar, S.H.I., M.H., CPM., Alfianto, S.H. CPM. , Dr. Sepriandison, S.H., M. Si., CI.A. Setelah penyerahan SK, Ketua PA Pematangsiantar menjelaskan mengenai jadwal mediasi bagi mereka serta tata cara bermediasi yang benar.

Selanjutnya Ketua berpesan agar para Mediator Non Hakim optimal dalam melakukan mediasi sehingga mediasi di Pengadilan Agama Pematangsiantar akan banyak berhasil. “Para Mediator Non Hakim mempunyai kewajiban untuk membuat laporan mediator dan menyerahkan kepada petugas PTSP untuk di input laporan hasil mediasi ke SIPP”, jelas Ketua.



Tim IT PA Pematangsiantar

WhatsApp_Image_2024-06-12_at_11.46.21_AM.jpeg

Laper Pagi (Layanan Penyerahan Produk Pengadilan dan Leges Akta Cerai) adalah inovasi Pengadilan Agama Pematangsiantar untuk merekam data pihak yang mengambil produk pengadilan menggunakan kamera yang terintegrasi ke komputer petugas.  Inovasi ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya calo dan pihak yang sudah pernah mengambil produk pengadilan.

Inovasi Laper Pagi telah rutin diimplementasikan di Pengadilan Agama Pematangsiantar sejak di launching pertama kali pada awal tahun 2023.  Seperti pada hari Selasa, 11 Juni 2024 petugas Meja III PTSP, Intan Rahmadani Br. Tambunan, A.Md.A.B., mengambil foto pihak yang mengambil Akta Cerai dan Salinan Putusan. Foto tersebut kemudian diunggah pada sistem informasi Layanan Penyerahan Produk Pengadilan beserta data-data lainnya seperti nama dan NIK para pihak.

Penggunaan inovasi Laper Pagi sangat membantu petugas dalam pelaksanaan tugas karena memberikan kemudahan.  Diharapkan kedepannya Pengadilan Agama Pematangsiantar dapat menciptakan inovasi-inovasi lainnya sehingga dapat memberikan pelayanan prima kepada para pencari keadilan.

 

 

Tim IT PA Pematangsiantar

 IMG-20240611-WA0047res.jpg

Operator SIMAN Pengadilan Agama Pematangsiantar Siti Mardiana, A.Md. mengikuti Bimbingan Teknis dan Sosialisasi Sistem Informasi Manajemen Aset Negara (SIMAN V2) pada Selasa, 11 Juni 2024. Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB di  Aula KPKNL Pematangsiantar.

Bimtek ini diselenggarakan sehubungan dengan surat Kepala kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Pematang Siantar Nomor S-362/KNL.0202/2024 tanggal 5 Juni 2024 mengenai Undangan Kegiatan Bimbingan Teknis  dan Sosialisasi Aplikasi SIMAN V2 Batch I. Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada satuan kerja tentang proses bisnis dan pengoperasian modul-modul pengelolaan kekayan negara dalam aplikasi tersebut.

IMG-20240611-WA0043.jpg

Aplikasi SIMAN V2 direncanakan akan mulai digunakan per Semester II Tahun 2024. Bimtek ini dibuka langsung oleh Kepala kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Pematang Siantar  Hendri Daniel Tobing




Tim IT PA Pematangsiantar

  • muliadin.png
  • pelantikan_ketua_baru.png
  • ucapan_pelantikan_bu_asri.png
  • rizfan_hakim_stabat.png
  • Ucapan_Kak_Renny.png
  • Ucapan_Pak_Idrus.png