Untuk mengawali bulan Juli yang jatuh pada hari Kamis, Pengadilan Agama Pematangsiantar mengadakan kegiatan bina mental yang dibawakan oleh Kasubbag Perencanaan, Teknologi Informasi, dan Pelaporan Renny Wulandary, S.E.. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Sidang Pengadilan Agama Pematangsiantar pada pukul 08.30 yang dihadiri oleh seluruh aparatur Pengadilan Agama Pematangsiantar.

Adapun tema bina mental hari ini ialah tentang bagaimana mendapatkan kehidupan tenang, damai, dan tentram. Beliau menyampaikan mengenai 5 nasehat hidup yang menentramkan, yaitu :

  • Don’t worry (Jangan terlalu banyak khawatir)

Dalam menjalankan kehidupan janganlah terlalu khawatir. Serahkan hasilnya kepada Allah sehingga hati akan terasa tenang.

  • Don’t hate (Jangan membenci)

Jangan timbulkan kebencian dalam hati. Karena jika hati telah membenci maka akan terasa sempit dan dapat menimbulkan penyakit. Bila hati penuh dengan cinta dan kasih sayang maka akan terasa lapang, tenang, dan tentram.

  • Give more (Banyak-banyaklah memberi)

Banyaklah memberi dengan beramal dan bersedekah kelak kita akan menemukan kebahagian. Sebab dengan memberi tidak akan membuat seseorang miskin, malah ia akan mendapatkan gantinya dengan lebih baik.

  • Expect less (Jangan terlalu berharap pada manusia)

Janganlah berharap kepada manusia, karena manusia tidak akan bisa memastikan apa yg kita inginkan. Jika berharap ke manusia ujungnya akan menerima kekecewaan. Ali bin Abi Talib juga pernah berkata: “Aku sudah pernah merasakan semua kepahitan dalam hidup dan yang paling pahit ialah berharap pada manusia”. Jadi yakinlah bahwa Allah adalah pengatur segalanya. 

  • Live Simply

Jika hidup sederhana maka kita akan merasa nyaman dan tentram. Belajar untuk hidup sederhana akan mengajarkan kita menjadi manusia yang lebih bersyukur.

Sebelum menutup kegiatan bina mental, Ibu Renny Wulandari menyampaikan “Bahwa rezeki setiap makhluk telah ditentukan oleh Allah SWT. Jadi, banyak-banyaklahb ersyukur, kelak akan Allah tambahkan nikmatnya. Dan jika bersyukur maka kebahagian akan datang ke kita”. Selain itu jika hati tenang maka kegiatan yang dilakukan akan menjadi nyaman dan tugas akan selesai.

Tim IT PA Pematangsiantar.

  • Ucapan_Ketua_Juli_21.jpg
  • Ucapan_Waka_PTA.jpg
  • Ucapan_Waka_Kisaran.jpg