Senin, 26 April 2021 seluruh aparatur Pengadilan Agama Pematangsiantar mendengarkan tausiyah yang dibawakan oleh Ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar Muhammad Irfan, S.H.I. setelah melakukan Sholat Zuhur berjamaah di Musholla Al-Mizan.Seluruh aparatur Pengadilan Agama Pematangsiantar hadir dalam kegiatan ini. Judul dari tausiyah hari ini yaitu “Kebaikan yang mungkin sering terlewatkan oleh kita pada zaman sekarang”. Dalam tausiyahnya, Ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar menyebutkan ada 5 hal kebaikan yang sering terlupakan oleh manusia di zaman sekarang sebagai berikut:

  • Berkata tulus,sopan dan betutur dengan baik.

Dalam kegiatan sehari-hari, kita harus mengatur tutur kata kita dalam berbicara kepada siapapun tanpa memandang latar belakang maupun status sosial dari lawan bicara kita.

  • Senyum, salam ,dan Sapa (3S)

Selalu berikan seyuman ketika bertemu dengan siapapun dan jangan meremehkan setiap perbuatan baik walau sekecil apapun.

  • Bepegang teguh pada janji.

Pada zaman sekarang banyak sekali manusia yang sering mengabaikan janjinya, seperti janji bertemu jam 10 lalu ia datang pukul 11. Serta jika diberi amanah untuk menjaga rahasia, kita harus bisa menepatinya dan jangan membocorkan kepada pihak lain.

  • Menghargai diri sendiri

Salah satu bentuk menghargai diri sendiri ialah dengan mengerjakan suatu pekerjaan denga baik. Selain itu kita harus memegang teguh kebaikan. Sebab ketika kita melaksanakan suatu kebaikan kelak akan dibalas Allah dengan sempurna. Meskipun niat baik tersebut belum tentu dibalas dengan kebaikan juga.

  • Menghormati tanpa melihat status sosial.

Dalam berinteraksi sosial dikehidupan sehari-hari, sikap saling menghormati sangat penting dilakukan tanpa memperhatikan latar belakang serta status sosial lawan berbicara.

”Jangan pernah bosan untuk selalu melakukan kebaikan sebab  melakukan kebaikan itu ibarat menanam bibit pohon yang dapat berbuah, ada proses untuk menjadikannya tumbuh, lalu ketika ia berbuah kita sendiri yang akan menikmatinya dengan penuh rasa bahagia” ungkap beliau di penghujung tausyiah.

Tim IT PA Pematangsiantar.

  • banner-ucapan-waka.jpg
  • banner-ucapan-ketua.jpg
  • TURUT_BERDUKA_CITA_ORTU_BU_WAKA-bigbgss.png