20240606_082809res.jpg

Bintal Pengadilan Agama Pematangsiantar diawal bulan Juni dilaksanakan pada Kamis, 06 Juni 2024. Bina mental pada hari ini dibawakan oleh Sekretaris Pengadilan Agama Pematangsiantar, Muliadin, S.H.  di Ruang Sidang Pengadilan Agama Pematangsiantar yang dimulai pada pukul 08.15 WIB.

Adapun tema bintal pada hari ini ialah motivasi menghadapi masalah dari kentang, telur dan biji kopi. Sekretaris menjelaskan bahwa ia akan mencerita kisah dua orang pemuda dalam menghadapi masalah. Seorang pemuda bercerita kepada sahabatnya bahwa ia mempunyai masalah yang bertumpuk. Sahabatnya tersebut memberikan reaksi dengan menunjukkan kentang, telur dan biji kopi. “Aku akan merebus ketiga jenis benda ini. Setelah itu kita akan lihat hasilnya”, ucap si sahabat.

Pemuda tersebut terlihat kebingungan dengan tingkah sahabatnya yang merebus kentang, telur dan biji kopi. Setelah selesai merebus, si sahabatpun berkata bahwa ketiga benda tersebut direbus yang berarti ketiga benda itu mengalami kesulitan yang sama yaitu air mendidih. 

20240606_082656res.jpg

Masing-masing benda ini mengalami reaksi yang berbeda saat meghadapi air panas. Kentang yang kuat dan keras ketika dimasukkan ke air mendididh menjadi lunak dan lemah. Telur merupakan benda rapuh dan punya kulit luar tipis untuk melindungi bagian dalam yang cair, ketika direbus bagian dalamnya menjadi keras. Sedangkan biji kopi yang keras dimasukkan ke air mendidih maka biji kopi dapat merubah air menjadi sesuatu yg baru.

Setelah menceritakan kisah tersebut, Sekretaris berkata bahwa dalam hidup ini banyak hal yang terjadi. Tetapi satu hal yang penting adalah apa yang terjadi pada diri kita, kitalah yang menentukan.  “Ibarat air mendidih itu adalah suatu masalah dalam hidup kita. Nah pilih dirimu yang mana diantara ketiga benda itu. Ketika kesulitan mendatangi maka kita harus tau  bagaimana cara menghadapinya. Apakah mau jadi kentang, telur atau biji kopi”, jelas Sekretaris.



Tim IT PA Pematangsiantar

  • muliadin.png
  • pelantikan_ketua_baru.png
  • ucapan_pelantikan_bu_asri.png
  • rizfan_hakim_stabat.png
  • Ucapan_Kak_Renny.png
  • Ucapan_Pak_Idrus.png