Pengadilan Agama Pematangsiantar mendapat kunjungan dari Badan Pengawasan (Bawas) Mahkamah Agung RI dalam rangka pengawasan reguler berdasarkan surat tugas nomor 756/BP/ST/XI/2018, tanggal 9 November 2018. Pengawasan dilakukan mulai tanggal 21 s/d 22 November 2018 dan pelaksanaan ekspose hasil pengawasan pada tanggal 23 November 2018.

 

Tim yang datang berjumlah lima orang yaitu Pratondo, Hakim Tinggi Pengawas pada Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, sebagai Ketua, Sumasno, Hakim Tinggi Pengawas pada Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, sebagai Anggota, Baidawi, Kepala Sub Bagian Kelembagaan dan Pelaporan pada Sekretariat Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, sebagai Sekretaris, Lety Puspitosari, Auditor pada Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, sebagai Auditor, Agustaja Tiyusandy, staf pada Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, sebagai staf pemeriksa.

Pemeriksaan reguler yang dilakukan terkait dengan biaya perkara, biaya eksekusi, uang konsinyasi, panggilan/pemberitahuan delegasi, meja informasi dan pengaduan, dan hal-hal lainnya, melakukan monitoring terkait kedisiplinan aparatur, kebersihan lingkungan kantor, dan pelayanan publik.

Kegiatan pengawasan berjalan lancar dari awal hingga selesai. Hasil pengawasan menunjukkan hasil yang baik dan memuaskan. Tidak ada kesalahan besar dan fatal yang ditemukan hanya temuan-temuan kecil untuk perbaikan di masa yang akan datang.

Dalam acara penutupan pengawasan Ketua Tim Bawas menyampaikan terima kasih atas sambutan baik yang telah diberikan selama pelaksanaan pengawasan, serta permohonan maaf apabila ada hal-hal yang kurang berkenan baik lisan maupun tindakan. Begitu juga kata sambutan dari Ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar, Drs. Azizon, S.H., M.H., beliau menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas pemeriksaan yang dilakukan karena hal tersebut memberikan ilmu untuk Pengadilan Agama Pematangsiantar menjadi lebih baik di masa depan, dan tak lupa beliau juga menyampaikan maaf apabila selama tim melaksanakan pengawasan ada kesalahan yang dilakukan karena hal tersebut bukanlah suatu kesengajaan.

Kegiatan pengawasan diakhiri dengan foto bersama dan bersalam-salaman, kemudian tim berpamitan untuk melaksanakan kegiatan selanjutnya.

Tim IT-PA_Pst

  • 001sel-ibrahim.jpg
  • 003sel-bt.jpg