Selasa pagi, 23 Oktober 2018, pukul 09.00 WIB, bersama rintikan hujan yang mengguyur kota Pematangsiantar, seluruh aparatur Pengadilan Agama Pematangsiantar melaksanakan rapat koordinasi yang dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar Drs. Azizon, S.H., M.H. bertempat di ruang sidang Pengadilan Agama Pematangsiantar. Rapat kali ini diadakan dalam rangka rapat berkala yang rutin dilaksanakan setiap minggu.

Hal pertama yang disampaikan oleh Ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar adalah mengenai hasil sosialisasi dari Dirjen Badilag Dr. Drs. Aco Nur, S.H., M.H. pada saat rapat koordinasi yang dilaksanakan oleh Pengadilan Tinggi Agama Medan tanggal 16 Oktober 2018. Dalam sosialisasi tersebut Dirjen Badilag memberikan penekanan kepada seluruh pengadilan agama untuk menerapkan poin-poin yang ada pada program prioritas Ditjen Badilag yaitu :

  1. Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).
  2. Pelayanan Informasi melalui website pengadilan
  3. Penyelesaian perkara tepat waktu
  4. Minutasi dalam satu hari (one day minutation)
  5. Publikasi putusan dalam satu hari (one day publish)
  6. Administrasi perkara secara elektronik (E-Court)
  7. Implementasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP)

Bahkan untuk penerapan SIPP dan penggunaan website pengadilan sebagai akses informasi masyarakat Dirjen Badilag mengadakan penilaian secara berkala untuk melihat pengadilan mana yang lebih baik dan pengadilan mana yang masih rendah nilainya untuk dapat berpacu mengejar ketertinggalan. Oleh karena itu sesuai dengan instruksi dari Dirjen Badilag, Ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar menghimbau kepada seluruh jajarannya untuk senantiasa menginput data/informasi baik yang ada di SIPP maupun di website agar selalu update dan mendapat nilai yang baik dari Dirjen Badilag.

Selanjutnya, Ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar membahas tentang pelaksanaan kerja sama dengan pihak lain dalam hal ini bank sebagai lembaga keuangan untuk penerapan virtual account demi memberikan kemudahan dan pelayanan prima kepada para pencari keadilan.

Terakhir, beliau lagi lagi mengingatkan kepada seluruh aparatur Pengadilan Agama Pematangsiantar untuk terus melengkapi dokumen revisi yang akan dinilai untuk surveilance SAPM demi mewujudkan komitmen bersama mempertahankan predikat “A” Excellent.

Tim IT-PA.Pst

  • 001sel-ibrahim.jpg
  • 002sel-dyk.jpg
  • 003sel-bt.jpg