Senin pagi, 22 Oktober 2018, ditayangkan siaran langsung acara peresmian 85 Pengadilan Baru di Melonguane, Kabupaten Talaud, Provinsi Sulawesi Utara, oleh Ketua Mahkamah Agung RI Prof. Dr. M. Hatta Ali, S.H., M.H.. Acara peresmian ini dihadiri oleh beberapa orang hakim agung, sekretaris Mahkamah Agung, dan pejabat Eselon I serta pimpinan pengadilan yang baru diresmikan.

Seluruh aparatur Pengadilan Agama Pematangsiantar mengadakan kegiatan nonton bersama melalui siaran langsung dari media online youtube. Mulai dari ketua, pejabat, hingga pegawai honorer antusias menyaksikan acara tersebut.

Sebanyak 85 pengadilan baru yang diresmikan, terdiri dari tiga puluh (30) pengadilan negeri, lima puluh (50) pengadilan agama, tiga (3) Mahkamah Syar’iyah, dan dua (2) pengadilan tata usaha negara. Dibentuknya pengadilan baru tidak semata-mata ditujukan untuk berdirinya sebuah bangunan pengadilan, namun yang lebih penting adalah untuk lebih mendekatkan akses keadilan kepada masyarakat dan para pencari keadilan. Pemilihan Kabupaten Kepulauan Talaud sebagai lokasi peresmian pengadilan baru juga merupakan bentuk perhatian dan apresiasi pimpinan Mahkamah Agung terhadap pengadilan-pengadilan yang berada di wilayah pelosok dan pulau terluar Indonesia.                          

Meskipun dengan segala keterbatasan anggaran, sarana, dan prasarana serta sumber daya manusia, seluruh pengadilan agama yang baru dibentuk harus tetap memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat di daerah demi mewujudkan prinsip penyelenggaraan peradilan yang sederhana, cepat, dan biaya ringan, sembari Mahkamah Agung terus berupaya untuk mengajukan anggaran untuk membangun kantor pengadilan secara bertahap.

 

Segenap jajaran Pengadilan Agama Pematangsiantar mengucapkan selamat atas peresmian pengadilan baru ini, semoga dengan bertambahnya pengadilan baru maka semakin meningkatkan pelayanan prima bagi masyarakat para pencari keadilan sejalan dengan visi Mahkamah Agung “Mewujudkan Badan Peradilan yang Agung”.

Tim IT-PA_Pst

  • 001sel-ibrahim.jpg
  • 002sel-dyk.jpg
  • 003sel-bt.jpg