Tanggal 1 Oktober tahun 1965 merupakan moment bersejarah bagi bangsa Indonesia karena pada tanggal ini diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila, oleh karena itu sesuai dengan instruksi dari Mahkamah Agung melalui surat Nomor 1208/SEK/HM.01.2/09/2018 tanggal 26 September 2018 maka dilaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di kantor Pengadilan Agama Pematangsiantar pada hari ini Senin, tanggal 1 Oktober 2018 pukul 08.00 WIB dengan tema “Pancasila sebagai Landasan Kerja Mencapai Prestasi Bangsa”.

 

Seluruh hakim, pegawai, dan honorer mengikuti upacara dengan penuh khidmat dan tertib. Ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar (Drs. Azizon, S.H., M.H.) bertindak langsung sebagai inspektur upacara. Dalam amanatnya beliau menyampaikan bahwa Upacara ini dilaksanakan dalam rangka memperingati peristiwa Gerakan 30 September 1965 atau yang lebih dikenal dengan G30S-PKI sebagai bentuk pemberontakan dan perlawanan Partai Komunis Indonesia (PKI) terhadap pemerintah Indonesia, berupaya merongrong kedaulatan bangsa dan negara Republik Indonesia. Oleh karena itu beliau berpesan agar menjadikan hari kesaktian pancasila ini sebagai momentum merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa karena sesungguhnya merupakan tugas kita semua sebagai rakyat Indonesia menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan jangan sampai terpecah belah.

Upacara berlangsung dengan khidmat dan tertib dan diakhiri pembacaan doa dengan pengharapan kepada Allah SWT agar memberikan kekuatan dan tekad kepada seluruh rakyat Indonesia untuk membangun negara dan bangsa menjadi bangsa yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, makmur, adil, dan sejahtera Baldatun Thoyyibatun Wa Rabbun Ghafur.

  • 001sel-ibrahim.jpg
  • 002sel-dyk.jpg
  • 003sel-bt.jpg